Di dalam suatu organisasi atau perusahaan, kemampuan membangun hubungan dengan pelanggan adalah salah satu kunci keberhasilan yang paling penting. Secara internal, kemampuan di dalam menjalin kerjasama yang efektif berdampak pada peningkatan efisiensi, produktifitas dan profitbilitas. Sedangkan secara eksternal, keberhasilan tersebut akan berdampak positif pada stakeholder sehingga dapat meningkatkan citra perusahaan. Untuk dapat membangun hubungan dengan pelanggan secara efektif dibutuhkan pemahaman mengenai berbagai jenis, harapan, kebutuhan dan peran pelanggan dalam organisasi yang merupakan bahan penyusunan strategi untuk menghadapi pelanggan tersebut.
1. Mampu mengembangkan hubungan kerja secara berkelanjutan untuk membangun kepercayaan dengan pihak internal dan/atau eksternal dalam mencapai tujuan bersama
2. Mampu berkomunikasi secara diplomatis dalam menghadapi masalah yang kompleks
3. Mampu mengelola potensi, kepentingan dan minat individu dan kelompok yang beragam untuk mencapai tujuan bersama
1. Senior Deputy Vice Presidence
2. Deputy Vice Presidence
3. Deputy General Manager
4. Asisten Deputy Vice Presidence
5. Asisten Deputy General Manager
6. Supervisor
7. Officer
1. Teknik-teknik untuk membangun budaya dan iklim kerja sesuai dengan nilai-nilai yang dimiliki perusahaan, seperti:
a. Membangun tim
b. Menginspirasi orang lain
2. Studi kasus terkait:
a. Membangun citra perusahaan
b. Risiko dan dampak konflik pada perusahaan
3. Kepemimpinan yang sesuai dengan nilai-nilai perusahaan
4. Dinamika kelompok
5. Berbagai metode untuk mengapresiasi orang lain (reward & punishment)