Kepuasan pelanggan merupakan hal penting yang harus diutamakan. Pelayanan pelanggan yang baik dan handal akan berdampak terhadap kesejahteraan organisasi, karena saat kebutuhan pelanggan terpenuhi maka mereka akan merasa nyaman dan berdampak positif terhadap organisasi. Pelayanan pelanggan juga membantu organisasi untuk meningkatkan jumlah pelanggan dan keuntungan secara internal maupun eksternal. Secara tradisional, kegiatan peningkatan secara internal terfokus dan ditujukan untuk menurunkan biaya, mengurangi waktu tunggu dan meningkatkan kualitas. Namun, untuk mencapai kepuasaan pelanggan, perusahaan harus mengadopsi pandangan bisnis yang berfokus pada pelanggan dan mengidentifikasi area untuk perbaikan.
1. Mampu memberikan rekomendasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan dan pemangku kepentingan
2. Mampu mengevaluasi proses dan prosedur pelayanan pelanggan internal maupun eksterna
1. Deputy Vice Presidnce
2. Deputy General Manager
3. Asisten Deputy Manager
4. Manajer
5. Auditor
1. Teknik menganalisa penyebab komplain dan menjadikan komplain sebagai proses pengembangan pelayanan
2. Best practice pelayanan pelanggan di industri
3. Studi kasus terkait fokus pelayanan pelanggan pada perusahaan sejenis