• Total courses: 1361
  • Instructor: 1381
  • Learning Support: (+62) 811 9114 926, (+62) 811 9114 916
Menampilkan hasil dari kategori Governance Risk & Compliance
  • Governance Risk & Compliance

Awareness Training ISO 37001:2016 Anti Bribery Management System

Dalam upaya mendukung kegiatan pencegahan korupsi di Indonesia, penerapan SNI 37001 Sistem Manajemen Anti-Penyuapan (SMAP) menjadi hal yang sangat penting dan juga telah memiliki dasar yang kuat, yaitu Instruksi Presiden Jokowi (Inpres) No. 10 Tahun 2016 tentang Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi. Sistem Manajement Anti-Penyuapan SNI ISO 37001:2016 Anti-Bribery Management System (ABMS) adalah standar yang sangat relevan bagi organisasi (swasta maupun institusi/kelembagaan pemerintahan) untuk meningkatkan kesadaran banyak pihak terkait operasional organisasi yang rentan terhadap potensi risiko penyuapan. Standar ini juga membantu organisasi dalam menunjukkan komitmen mereka untuk menjalankan kegiatan bisnis/pelayanan yang bersih, transparan, dan dapat dipertanggungjawabkan melalui upaya tindakan pencegahan praktik penyuapan dalam internal organisasi maupun upaya-upaya eskternal kepada internal organisasi. Audit Internal Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) sebagai persyaratan utama SNI ISO 37001:2016 merupakan motor penggerak untuk melakukan percepatan, konsistensi, dan penyempurnaah SMAP. Bagi organisasi yang menerapkan SMAP, akan menjadi keharusan memahami persyaratan-persyaratan SNI ISO 37001:2016 dengan baik sehingga penerapannya di organisasi mendapatkan manfaat yang maksimal. Peran Audit Internal yang berdampak signifikan akan menjadikan evaluasi tahapan-tahapan siklus PDCA sebagai proses "Continuous Improvement" Sistem Manajemen Anti Penyuapan memastikan pencapaian Zero Bribery, Zero Tolerance, dan 100% pemenuhan KPI organisasi. Pelatihan ini dibutuhkan organisasi untuk mampu mengarahkan dan memberi kepahaman dalam memaksimalkan penerapan Sistem Manajemen Anti Penyuapan SNI ISO 37001:2016 sesuai tujuan organisasi.

Read more
  • Governance Risk & Compliance

Leveraging The Roles of Audit Committee

Komite Audit merupakan bagian dari penerapan prinsip-prinsip GCG, yang diharapkan mampu memberikan kontribusi tinggi dalam penegakan GCG. Keberadaannya ditujukan untuk meningkatkan kualitas pengawasan internal perusahaan dna mekanisme checks and balance dengan tujuan akhir memberikan perlindungan yang lebih maksimal kepada pemegang saham atau pemodal dan para pemangku kepentingan lainnya. Dengan adanya Komite Audit yang efektif diharapkan akan meningkatkan akuntabilitas perusahaan, meningkatkan integritas informasi keuangan yang pada akhirnya dapat meningkatkan kepercayaan public serta menekan terjadinya kecurangan dalam perusahaan. Nemun demikian tidak dapat dipungkiri bahwa masih banyak perusahaan yang memandang sebelah mata keberadaan komite audit. Hal ini terlihat dari proses seleksi dan pengangkatan yang tidak memadai, remunerasi yang sadanya, yang mencerminkan bahwa pembentukan komite audit sebatas pemenuhan peraturan semata.

Read more
  • Governance Risk & Compliance

Training Awareness & Internal Auditor ISO 37001: 2016

Dalam  upaya  mendukung  kegiatan  pencegahan  korupsi  di  Indonesia  penerapan  SNI 37001 Sistem Manajemen Anti-Penyuapan (SMAP) menjadi hal yang sangat penting dan    juga    telah    memiliki    dasar    yang    kuat,    yaitu Instruksi    Presiden    Jokowi  (Inpres)  No.  10  Tahun  2016  tentang  Aksi  Pencegahan  dan  Pemberantasan  Korupsi. Sistem Manajemen   Anti - Penyuapan   SNI ISO 37001:2016 Anti - Bribery   Management System (ABMS) adalah  standar yang sangat  relevan  bagi  organisasi (swasta  maupun  institusi/  kelembagaan  pemerintahan) untuk  meningkatkan  kesadaran  banyak  pihak terkait  operasional  organisasi  yang  rentan  terhadap  potensi risiko penyuapan. Standar ini juga membantu    organisasi    dalam    menunjukkan    komitmen    mereka    untuk menjalankan kegiatan     bisnis/pelayanan yang     bersih,     transparan,     dan     dapat  dipertanggungjawabkan  melalui upaya  tindakan  pencegahan  praktik penyuapan  dalam internal organisasi maupun upaya-upaya eksternal kepada internal organisasi. Audit  Internal  Sistem  Manajemen  Anti  Penyuapan  (SMAP)  sebagai  persyaratan utama SNI ISO   37001:2016 merupakan   motor   penggerak   untuk   melakukan   percepatan. konsistensi dan penyempurnaan SMAP

Read more
  • Governance Risk & Compliance

Training ISO 37001:2016

Penyuapan merupakan fenomena yang luas. Hal ini menimbulkan kepedulian yang serius dalam social, moral, ekonomi, dan politik, mengacaukan tata kelola pemerintah yang baik, mengurangi pengembangan dan mendistori kompetisi. Hal ini akan mengikis keadilan, merusak hak asasi manusia dan menghambat pengentasan kemiskinan. Penyuapan juga meningkatkan biaya melakukan bisnis. ISO 37001:2016 Sistem Manajemen Anti Penyuapan merupakan standar yang merinci persyaratan dan menyediakan panduan untuk menetapkan, menerapkan, memelihara, meninjau dan meningkatan  sistem manajemen anti penyuapan. Sistem tersebut dapat berdiri sendiri atau dapat diintegrasikan dengan keseluruhan sistem manajemen.

Read more
  • Governance Risk & Compliance

Workshop Governance, Risk, and Compliance

Lingkungan organisasi menjadi semakin besar dan kompleks sehingga pendekatan tradisional terhadap manajemen risiko dan audit internal perlu dioptimalkan secara menyeluruh agar tetap efektif. Konsep GRC (Governance-Risk-Compliance) atau Combined Assurance mengharuskan organisasi untuk memiliki pandangan terintegrasi dan menyeluruh terhadap tata kelola, manajemen risiko, pengendalian, kepatuhan, dan kepastian untuk bertahan dan berkembang di dunia modern.  Dengan adanya implementasi GRC yang efektif, organisasi dapat mengurangi biaya, melakukan pengambilan keputusan yang lebih baik, serta memiliki visibilitas terhadap lingkungan risiko dan pengendalian yang lebih baik. Program ini berfokus pada langkah-langkah untuk mengintegrasikan fungsi GRC untuk mencapai tujuan organisasi dengan tetap mengatasi ketidakpastian dan bertindak secara berintegritas.  

Read more
  • Governance Risk & Compliance

Business Judgment Rule Corporate Action or Corruption

Dalam BUMN, masih sering terjadi penyimpangan antara business judgement rule dengan tindak pidana korupsi berkaitan dengan keputusan bisnis yang dilakukan oleh direksi BUMN. Akibatnya menimbulkan ketidakpastian hukum yang berakibat pada pengembangan bisnis BUMN yang terhambat karena direksi ragu untuk mengambil suatu keputusan bisnis karena ancaman tindak pidana korupsi, apabila keputusan bisnis yang diambilnya menyebabkan kerugian bagi BUMN, dimana sudah semestinya dipahami bahwa dalam dunia usaha, terdapat kemungkinan untuk merugi akibat dari keputusan bisnis yang diambil, selama keputusan tersebut telah didasari dengan itikad baik, kehati-hatian dan tidak menyimpang dari Anggaran Dasar Perseroan.

Read more
  • Governance Risk & Compliance

Legal, Risk and Compliance

Kepatuhan lembaga perbankan pada Hukum, Kebijakan dan Tata Cara adalah salah bentuk meminimalkan risiko pada kelembagaan terkait. Dimana risiko adalah potensi-potensi negative yang muncul dan harus di minimalkan/dihilangkan karena akan membawa efek yang luar biasa pada perekonomian sebuah Negara. Untuk itu sebuah lembaga yang mengatur keuangan dari masyarakat luas yaitu perbankan wajib mengetahui Hukum terkait, serta Kebijakkan dan Tata Caranya.

Read more
  • Governance Risk & Compliance

Mitigasi Fraud Dalam Proses Pengadaan Barang & Jasa

Purchasing Fraud merupakan salah satu jenis fraud yang sering dilakukan oleh pegawai/pejabat yang tidak bertanggung jawab. Hampir di semua jenis perusahaan sering ditemui adanya penyimpangan yang disebabkan adanya kecurangan pada proses pengadaan barang dan jasa yang menimbulkan kerugian yang cukup signifikan. Para Auditor sebaiknya selalu menjadikan kegiatan pengadaan sebagai obyek audit yang memerlukan pengujian lebih mendalam. Sehubungan dengan hal tersebut, dalam proses pengadaan barang dan jasa, maka perlu adanya upaya dan strategi yang tepat untuk mencegah, mendeteksi dan mengungkapkan kecurangan yang sangat mungkin sekali terjadi pada pengadaan barang dan jasa

Read more
  • Governance Risk & Compliance

Audit ERM (Risk Based Intenal Audit)

Through lectures, case studies, group discussions, practical exercises, self-assessments, and feedback from the facilitator, participants will improve their understanding of ERM and the COSO ERM Framework, while coming up to speed with current issues, challenges, and emerging practices regarding risk management, control, and governance processes. This dynamic workshop is ideal for auditors beginning the enterprise risk management process, as well as ERM implementation team leaders and members, and auditors at all levels who are interested in or contemplating implementation of ERM

Read more