• Total courses: 1361
  • Instructor: 1381
  • Learning Support: (+62) 811 9114 926, (+62) 811 9114 916
Menampilkan hasil dari kategori Port Management
  • Port Management

Pengenalan Industri Pelabuhan

Industri Pelabuhan merupakan salah satu entitas negara yang sangat penting dalam mendukung peningkatan ekonomi. Didalamnya memiliki banyak pelaku-pelaku usaha yang telah diatur oleh berbagai undang-undang dan instansi yang berwenang. Dalam proses bisnisnya, alur yang terjadi di Pelabuhan sangatlah panjang. Untuk itu, pelaku yang ada di dalam bisnis pelabuhan maupun masyarakat luar perlu adanya pemahaman umum yang terjadi pada industri pelabuhan.

Read more
  • Port Management

Improving Port Performance II

Kontainerisasi secara radikal telah mengubah transportasi samudera pola perdagangan, route kapal tidak tetap, design dan ukuran kapal, peralatan dan operasi bongkar muat, terminal dan prosedur bea dan cukai dan lain-lain yang merupakan konsekuensi dari Containerization impact. Dengan tingkat pertumbuhan kontainerisasi rata-rata 20% per tahunnya serta design dan ukuran kapal yang kapasitas angkutnya semakin besar, bagaimanapun telah mempengaruhi fasilitas-fasilitas yang diperlukan di pelabuhan. Dampak terbesar kontainerisasi telah terjadi di pelabuhan-pelabuhan yaitu bagaimana cara pelabuhan mengakomodasi kapal-kapal container dan menghandle cargonya. Program pelatihan Improving Port Performance 2 dengan judul Container Terminal Planning and Development, berisi materi-materi yang akan memberikan pemahaman tentang bagaimana mengakomodasi perkembangan containerisasi dalam perdagangan dari sisi kesiapan pelabuhan. Untuk itu modul dilengkapi dengan case study, simulasi, dan exercise secara komprehensif.  

Read more
  • Port Management

Port Facility Security Officer (PFSO)

Berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan, No. PM 134 Tahun 2016. Tentang Manajemen Keamanan Kapal dan Fasilitas Pelabuhan (ISPS Code), terkait Port Fasility Security Officer (PFSO) dan Deputy PFSO untuk Fasilitas Pelabuhan diatur Pasar 22. Ketentuannya menyatakan: 1.PFSO & Deputy PFSO memiliki bukti petunjuk dari Pengelola Fasilitas Pelabuhan. 2.Memilki Sertifikat pengetahuan dan keterampilan sebagai seorang PFSO. 3.Melaksanakan pemutakhiran (Update) terhadap Sertifikat PFSO Setiap 3 (tiga) tahun, terhitung dari tanggal dikeluarkannya Sertifikat PFSO tersebut.

Read more
  • Port Management

Dredging & Reclamation

''Everything you ever wanted to know about dredging, but didn't dare to ask''. Dari penjelasan tentang peralatan dan metode pengerukan, dari rainbowig kirim hingga penempatan batu, hingga perkiraan biaya dan kontrak. Ditujukan untuk semua pemangku kepentingan - pendatang baru di bidang pengerukan untuk konsultan tingkat tinggi, penasihat di otoritas pelabuhan dan proyek lepas pantai.

Read more
  • Port Management

Dasar-Dasar Amdal

Amdal atau Analisis Mengenai Dampak Lingkungang merupakan studi yang dilakukan dalam pengelolaan lingkungan. Pengelolaan yang dilakukan haruslah secara mendetail dan menyeluruh seperti fisika-kimia, ekologi, social-ekonomi, social budaya dan kesehatan masyarakat sebagai pelengkapnya.  

Read more
  • Port Management

Port Management

Port Operation Management Training dalam struktur pelatihan substansial kepelabuhanan merupakan pelatihan yang diperuntukan untuk level jabatan manager dan asisten manager. Sangat disarankan untuk peserta pelatihan ini sebelumnya telah mengikuti pelatihan-pelatihan dalam struktur dibawahnya (seperti: Dasar-dasar Kepelabuhanan, Basic Cargo Handling, Container Terminal Operation/ Conventional Terminal Operation, Dangerous Goods Handling, Dry/Liquids Bulk Handling). Pelatihan Port Management memberikan pemahaman dan kompetensi yang bersifat strategis dalam perencanaan dan pengembangan pelabuhan (Port Planning and Development) serta management operasi terminal pelabuhan (Port Terminal Operation Management). Dalam banyak kasus kinerja operasi terminal di pelabuhan tidak yang kurang optimal bukan disebabkan oleh masalah kurangnya investasi, melainkan disebabkan oleh aspek manajemen dari sumber daya yang tersedia. Materi pelatihan disusun dan di sampaikan oleh para pengajar dari Himpunan Ahli Kepelabuhanan yang sangat berpengalaman dalam pengelolaan pelabuhan di Indonesia.

Read more
  • Port Management

Dasar-Dasar Kepelabuhanan (Port Basic Knowledge)

Pelatihan dengan pokok-pokok materi yang memberikan wawasan dan pengetahuan dasar kepelabuhanan (Port Basic Knowledge) yang diharapkan dapat memberikan dasar pemikiran dan pembentukan “mindset” insan pelabuhan. Materi inti pelatihan ini bersumber dari konsep dasar peran dan fungsi pelabuhan (Port Basic Concept) yaitu: 1. Pelabuhan sebagai mata rantai transportasi (link), 2. Pintu gerbang perekonomian negara /daerah (gateway), 3. Tempat perpindahan muatan antar moda (interface), dan 4. Sebagai entitas industri (industri entity) daerah belakangnya (hinterland).  Kegiatan pokok pelabuhan, stakeholder terkait serta aspek-aspek yang mempengaruhi pelaksanaan fungsi pelabuhan.  

Read more