• Total courses: 1361
  • Instructor: 1381
  • Learning Support: (+62) 811 9114 926, (+62) 811 9114 916
Menampilkan hasil dari kategori Port QHSSE
  • Port QHSSE

Green Port

Pelabuhan adalah tempat yang terdiri atas daratan dan/atau perairan dengan batas-batas tertentu sebagai tempat kegiatan pemerintahan dan kegiatan pengusahaan yang dipergunakan sebagai tempat kapal bersandar, naik turun penumpang, dan/atau bongkar muat barang, berupa terminal dan tempat berlabuh kapal yang dilengkapi dengan fasilitas keselamatan dan keamanan pelayaran dan kegiatan penunjang pelabuhan serta sebagai tempat perpindahan intra-dan-antarmoda transportasi (Pasal 1 - Peraturan Menteri Perhubungan RI nomor PM 57 tahun 2020 tentang Perubahan kedua atas Peraturan Menteri Perhubungan nomor PM 51 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Pelabuhan Laut) Green port (Pelabuhan Ramah Lingkungan) adalah pelabuhan yang memenuhi komitmen pengelolaan lingkungan dan tanggung jawab sosial dalam mendukung sustainability business. Untuk menjadi pelabuhan berkelas dunia (world class port), salah satu pemenuhan yang perlu dilakukan adalah implementasi strategi green port.

Read more
  • Port QHSSE

Basic Fire Awareness

Kebakaran sering terjadi pada perusahaan baik di kantor, pabrik, lapangan, dan sebagainya. Kebakaran yang terjadi dari berbagai macam sumber. Mulai dari korsleting listrik, kerusakan pada penanganan bahan berbahaya, hingga lalainya pekerja saat menggunakan barang elektronik. Seluruh pekerja wajib mengetahui asal-usul yang dapat menyebabkan kebakaran terjadi. Selain itu, penanganan dan apa yang harus dilakukan ketika kebakaran terjadi harus dimiliki secara teori dan praktik bagi pekerja.

Read more
  • Port QHSSE

Pengelolaan Limbah B3

Pemerintah Indonesia memberlakukan beberapa peraturan pengelolaan limbah untuk pelaku industri. Bahan Beracun Berbahaya (B3) atau disebut juga limbah B3 dapat berdampak buruk bagi warga baik dari segi lingkungan ataupun kesehatan tubuh jika tidak ditangani dengan tepat. Pelaku industri diwajibkan memiliki sistem pengelolaan limbah B3 yang dapat memenuhi standar. Disamping itu, dari segi bisnis, pelaku industri dapat meningkatkan kinerja dan profit perusahaan setelah menerapkan pengelolaan limbah B3 karena telah meminimalisasi jumlah limbah yang dihasilkan.

Read more
  • Port QHSSE

Dasar - Dasar K3 & Lingkungan

Perusahaan yang baik harus menerapkan tentang keselamatan dan kesehatan kerja pada tiap-tiap aktivitas yang terjadi. Selain demi keselamatan SDM, perusahaan bertanggung jawab terhadap lingkungan sekitar tempat bekerja. Mulai dari pencemaran udara, pencemaran air, pencemaran limbah, dan sebagainya perlu dikelola dengan baik agar tidak merugikan bagi warga setempat. Seluruh pekerja harus sadar akan keselamatan dan kesehatan bagi dirinya sendiri, rekan kerja, dan lingkungan.

Read more
  • Port QHSSE

Online Self Learning - Manajemen Kesehatan, Keselamatan, Keamanan& Lingkungan

Pelatihan ini dilatarbelakangi agar setiap karyawan memiliki pemahaman yang sama perihal Manajemen kesehatan, keselamatan, keamanan dan lingkungan

Read more