Strategi komersial dan pemasaran pelabuhan mencakup aspek strategis pemasaran dan komersial, bagaimana pelabuhan dapat dirasakan secara positif oleh para pemangku kepentingannya dalam rangka membangun reputasi dan menarik lebih banyak pelanggan. Pelatihan ini juga menguraikan konsep inventaris pelabuhan, point-to-point, serta waktu dan biaya posisi pelabuhan, di posisi apa dan siapa pesaingnya. Mengidentifikasi kebutuhan operator terminal untuk yang dapat keluar melakukan persaingan, hingga kontrak pembuatan terminal operator
1. Menentukan inventaris pelabuhan
2. Menetapkan konsep dan waktu point-to-point serta penentuan posisi biaya suatu pelabuhan
3. Menetapkan siapa Anda, di posisi apa, dan siapa pesaing Anda
4. Memahami kebutuhan operator terminal untuk dapat mengungguli pesaing
5. Memahami kontrak operator terminal
1. Commercial Managers
2. Port Practitioners
3. Managers
4. Strategic Planners
1. Pentingnya sebuah pelabuhan
2. Konsep &waktu point-to-point dan penentuan biaya sebuah pelabuhan
3. Kompetisi pada industri pelabuhan
4. Siapa klien kita, kebutuhan / permintaan mereka, kekuatan pendorong mereka
5. Masa depan pelabuhan: ekspansi & investasi
6. Perubahan yang tidak ada akhir
7. Realitas versus persepsi sebuah pelabuhan
8. Pengembangan pelabuhan dan interaksi antara otoritas pelabuhan dan operator terminal: ekspansi - pelabuhan bagian dari ekonomi nasional
9. Kebutuhan operator terminal untuk dapat mengungguli persaingan
10. Kontrak operator terminal
11. Peramalan dan penganggaran