Banyak pemimpin perusahaan yang menyatakan bahwa waktu kerja yang mereka miliki habis untuk membereskan masalah di perusahaan. Hal ini disebabkan oleh kemampuan analisa masalah yang masih lemah. Seringkali perbaikan yang dilakukan baru sebatas perbaikan sementara terhadap masalah namun belum ke sumber penyebab masalahnya. Oleh Karena itu kemampuan analisa masalah menjadi salah satu persyaratan wajib yang perlu dimiliki oleh seorang pemimpin. Disamping itu, pemimpin juga perlu memahami teknik pengambilan keputusan yang didasari oleh data dan fakta, sehingga keputusan yang diambil bisa lebih akurat dan tepat sasaran.
1. Mampu mengevaluasi permasalahan di tingkat perusahaan yang berimplikasi strategis bagi perusahaan
2. Mampu mengevaluasi implementasi keputusan di tingkat perusahaan yang diambil telah dijalankan sebagaimana mestinya
3. Mampu mengidentifikasi dan memprioritaskan isu-isu utama untuk memfasilitasi proses pengambilan keputusan di tingkatan perusahaan
1. Deputy Vice Presidnce
2. Deputy General Manager
3. Asisten Deputy Manager
4. Manajer
5. Auditor
1. Pendekatan systematic thinking untuk melihat permasalahan secara holistic
2. Teknik-teknik dalam creative problem solving