Project Management merupakan penerapan pengetahuan, keterampilan, alat, dan teknik untuk memenuhi kebutuhan proyek. Standar-standar manajemen proyek didokumentasikan Project Management Institute pada Project Management Body of Knowledge (PMBOK). PMBOK merupakan kumpulan panduan, kerangka kerja dan standar praktik pengelolaan proyek (Project Management Institute, 2017). Standar project management pada PMBOK sudah teruji dan diterapkan pada berbagai perusahaan dan organisasi.
1. Mampu memahami metodologi dasar yang digunakan dalam perencanaan proyek / program kerja
2. Mampu mengetahui risiko yang mungkin muncul dari suatu proyek / program kerja
3. Mampu mengetahui standar kualitas yang harus dicapai dalam pelaksanaan proyek / program kerja
4. Mampu mengimplementasikan rencana proyek / program kerja yang telah disusun
5. Mampu melakukan pemantauan pelaksanaan proyek / program kerja sesuai dengan prosedur yang berlaku di perusahaan
6. Mampu menyusun rencana kerja proyek / program kerja dengan mengoptimalkan waktu, biaya, dan sumber daya yang tersedia
7. Mampu mengidentifikasi hambatan-hambatan potensial yang dapat terjadi dalam pelaksanaan proyek / program kerja serta menganalisis dampak-dampaknya
8. Keikutsertaan dalam pelatihan dapat digunakan sebagai persyaratan untuk mendapatkan sertifikasi PMPI
1. Senior Deputy Vice President
2. Deputy Vice President
3. Deputy General Manager
4. Supervisor
5. Officer
6. Asistant Deputy General Manager
1. Tujuan perencanaan kerja proyek/program kerja
2. Dasar pelaksanaan proyek/program kerja yang dikaitkan dengan Visi Misi perusahaan
3. Project scope management meliputi work breakdown structure
4. Project time management meliputi penentuan sequence, estimasi sumber daya dan durasi yang dibutuhkan, menyusun jadwal dengan berbagai metode di antaranya Critical Path Method, Gantt-chart, dll.
5. Project cost management meliputi estimasi biaya dan budget
6. Memonitor dan mengontrol progress proyek/program kerja:
7. Introduction & Project Management Concepts
8. Project Integration Management
9. Project Scope Management
10. Project Time Management
11. Project Cost Management
12. Project Quality Management
13. Project Human Resource Management
14. Project Communications Management
15. Project Risk Management
16. Project Procurement Management
17. Project Stakeholder Management
18. Exercises and Case Studies
19. Simulation How to develop Project Plan using Samples of Real Projects
20. Defining Project Scope, WBS
21. Developing Project Schedule, and Project Budgeting
22. Developing Project Plan, Earned Value Analysis