Mengapa di era globalisasi ini kita harus menyadari pentingnya sertifikasi kompetensi? Karena sertifikasi kompetensi merupakan sebuah pengakuan terhadap tenaga kerja yang mempunyai keterampilan dan kemampuan yang mumpuni sesuai dengan standar kerja yang sudah ditetapkan. Di era digital ini, sertifikasi sepertinya akan menjadi salah satu hal yang menunjang untuk tetap bertahan dalam pekerjaan. Namun yang sangat disayangkan, kesadaran executive perusahaan mengenai pentingnya sertifikasi kompetensi masih sangat kurang. Padahal, kesadaran itu yang harus kita bangun dari awal. Kompetensi adalah persyaratan standar bagi seseorang untuk melakukan pekerjaan sesuai profesi. Lebih jauh tentang kompetensi adalah pengakuan atas kualitas pekerjaaan yang dilakukan oleh sesorang yang kompeten. Sehingga untuk setiap pekerjaan harus dilakukan oleh tenaga kerja yang kompeten, karena kompeten maka seseorang diberi kewenangan. Tenaga kerja yang kompeten pasti dapat bekerja secara produktif. Produktivitas inilah yang akan menjadi pertumbuhan, peningkatan daya saing dan kesejahteraan. Sertifikasi sebaiknya menjadi hal yang wajib dimiliki oleh tenaga kerja. Ini berlaku tidak hanya untuk para pekerja formal saja, namun pekerja informal pun rasanya wajib memiliki sertifikasi kompetensi ini. Melalui sertifikasi kompetensi, para tenaga kerja akan lebih fokus dalam bekerja dan juga diakui oleh negara atas keahlian yang dimiliki.
Meningkatkan kompetensi dalam melakukan administrasi perkantoran guna mengoptimalkan produktivitas yang berimplikasi pada pertumbuhan, serta peningkatan daya saing dan kesejahteraan
• Menangani Penerimaan dan Pengiriman Dokumen/Surat
• Menciptakan Dokumen/Lembar Kerja Sederhana
• Memproduksi Dokumen
• Mengaplikasikan Keterampilan Dasar Komunikasi
• Melakukan Komunikasi melalui Telepon
• Melakukan Komunikasi Lisan dengan Kolega/ Pelanggan
• Membaca dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
• Memelihara Data di Komputer
• Mengoperasikan Aplikasi Perangkat Lunak
• Mengelola Arsip
• Mengelola Peralatan Kantor
• Menerapkan Prosedur K3 Perkantoran
Officer