General Affair (GA) atau Divisi Umum merupakan supporting unit yang bertujuan memberikan pelayanan-pelayanan kepada unit-unit kerja lain. Bahkan pada umumnya, GA melayani seluruh unit kerja di perusahaan (bersifat shared service) dalam hal administrasi dan pengelolaan pelayanan rutin kantor.
1. Meningkatkan pemahaman tentang tanggung jawab dan tugas departemen General Affair;
2. Meningkatkan pemahaman tentang masalah- masalah yang mungkin timbul dalam departemen General Affair dan alternatif penyelesaiannya;
3. Mampu mengelola GA secara profesional;
4. Menyusun rencana program GA yang berkesinambungan.
1. Supervisor
2. Officer
1. Ruang Lingkup pekerjaan General Affair
2. Fungsi dan Tanggung Jawab General Affair
3. Hal-hal yang menjadi tantangan di bagian General Affair
4. Motivasi dan persiapan mental bagi personel di General Affair
5. Bagaimana bagian GA dapat berkoordinasi dengan seluruh departemen dan mensosialisasikan kepada Internal & Eksternal
6. Melaksanakan tugas rutin/insidentil serta perencanaan dan antisipasinya
7. Masalah-masalah yang timbul di General Affair
8. Cara Mengurus berbagai perijinan, dan kehumasan, operasional, dll
9. Penyediaan dan pengelolaan Alat Tulis Kantor (ATK & Stationery)
10. Penanganan & Perawatan Bangunan & Gedung/General Cleaner
11. Pengelolaan Kendaraan Perusahaan/driver/Pool dan perparkiran
12. Pelaksanaan kebersihan, & penanganan Kebersihan (Cleaning Service) gedung/kantor sirkulasi udara bersih, pencahayaan, set up & setting ruang kerja
13. Penanganan Listrik, Gas & Air, Waste Water / Limbah
14. Event khusus seperti Gathering, lebaran, liburan, ulang tahun, momentum suka cita dan dua cita dll
15. Pengelolaan Kurir, Surat Kedinasan, Surat Perbankan, dll
16. Pengelolaan Cleaning Service & Office Boy / Office Girl
17. Pelaksanaan & Penanganan Satuan Pengamanan (security)
18. Outsourcing Management / Labour Suply / Tenaga Kerja Kontrak (bagaimana melakukan, memilih dan membuat kerjasama outsourcing)
19. Pengelolaan Kantin, Laundry & Mess Perusahaan
20. Penanganan tamu Penting (Tamu VVIP, VIP, Instansi Pemerintah, External Auditor, Demonstrasi / Unjuk Rasa)
21. Perawatan dan pengadaan instalasi listrik (Mechanical dan electrical)
22. Berhubungan dengan pihak eksternal perusahaan (PEMDA, Kepolisian, PEMKAB, Muspida, ORMAS, Wartawan, Kelurahan, Kecamatan, dll)
23. Mengurusi semua kebutuhan operasional perusahaan maupun saluran komunikasi (telepon, fax, Surat, dll) dan Receptionist serta keluar masuk Tamu