Market Research merupakan fungsi yang menghubungkan konsumen, pelanggan dan public dengan pemasar melalui informasi yang digunakan untuk mengidentifikasi, mendefinisikan peluang dan masalah pemasaran, mengevaluasi upaya pemasaran, memantau kinerja pemasaran serta memperbaiki pengertian pemasaran sebagai suatu proses. Untuk meningkatkan penjualan, perusahaan/ individu harus mengetahui segala sesuatu yang berhubungan dengan segala hal tentang penjualan tersebut, salah satunya adalah tentang marketing research. Sebelum sebuah perusahaan akan menyusun strategi marketing yang sesuai dengan bisnis yang sedang dijalankan, maka perusahaan harus melakukan riset terlebih dahulu.
1. Mampu mengetahui prosedur dan metodologi untuk melakukan riset pasar
2. Mampu mengetahui data dan informasi yang dibutuhkan untuk melakukan riset pasar di area kerjanya
3. Mampu melakukan riset pasar sesuai dengan prosedur dan metodologi yang telah ditentukan
4. Mampu menyusun laporan riset pasar
5. Mampu memonitor pelaksanaan riset pasar agar sesuai dengan prosedur dan metodologi yang telah ditentukan
6. Mampu menganalisis hasil riset pasar untuk mengevaluasi kondisi, potensi dan peluang pasar
7. Mampu melakukan evaluasi proses riset dan analisis potensi pasar sebagai dasar pengembangan segmen usaha perusahaan
8. Mampu memberikan rekomendasi terkait parameter, prosedur dan metodologi riset pasar untuk meningkatkan kualitas hasil riset pasar
1. Supervisor
2. AsDGM
3. Officer
1. Klasifikasi riset pasar: problem identification research dan problem solving research
2. Tahapan dalam riset pasar yang dimulai dengan formulasi permasalahan riset, desain riset, metode pengambilan data dan sampel, dan analisis data
3. Keterbatasan riset pasar
4. Analisis kelebihan dan kekurangan setiap metode pengambilan data seperti focus group discussion, survei online, wawancara, kuesioner, dll.
5. Analisis lanjutan hasil riset pasar: analisis cluster dan segmentasi pasar
6. Bentuk informasi dan sumber data yang dibutuhkan untuk intelijen pasar
7. Intelijen pasar untuk perusahaan dan pesaing
8. Analisis dan evaluasi menggunakan intelijen pasar