Organization Development merupakan proses kritis dan berbasis sains yang membantu organisasi membangun kapasitas untuk berubah dan mencapai efektivitas yang lebih besar dengan mengembangkan, meningkatkan, dan memperkuat strategi, struktur, dan proses.
1. Mampu memahami teori perancangan struktur perusahaan dan uraian jabatan yang efektif
2. Mampu memahami tanggung jawab dari berbagai bidang dan hubungannya satu sama lain
3. Mempu menyesuaikan uraian jabatan sesuai dengan format yang telah ditentukan di lingkup perusahaan dengan bimbingan
4. Mampu mengaplikasikan beragam teknik dalam menyusun/menyesuaikan struktur organisasi perusahaan maupun uraian jabatan
5. Mampu menyusun uraian jabatan terhadap suatu fungsi yang baru sesuai dengan format standar yang telah ditentukan
6. Mampu melakukan analisis terhadap pengembangan struktur organisasi dan uraian jabatan perusahaan
7. Mampu mengidentifikasi fungsi-fungsi yang perlu disesuaikan pada struktur organisasi dan uraian jabatan perusahaan dengan mempertimbangkan berbagai aspek
8. Mampu mengevaluasi struktur organisasi perusahaan dan uraian jabatan sesuai dengan:
a. visi dan misi perusahaan
b. strategi dan proses bisnis
c. kinerja perusahaan
9. Mampu menyusun rekomendasi pengembangan struktur organisasi perusahaan untuk meningkatkan efektivitas, efisiensi serta kinerja perusahaan
1. Supervisor
2. Officer
1. Pengantar pengembangan struktur organisasi dan uraian jabatan:
a. Konsep dan teori perilaku organisasi
b. Komponen dasar struktur organisasi
c. Definisi dari job analysis, job design, dan job description
2. Penyusunan struktur organisasi dengan mempertimbangkan penugasan, hubungan pelaporan, dan pengelompokkan
3. Jenis-jenis struktur organisasi
4. Perencanaan dan menyusun uraian pekerjaan
5. Ciri-ciri struktur yang tidak sesuai
6. Analisis kebutuhan perusahaan terkait dengan penyesuaian struktur organisasi
7. Desain struktur organisasi yang sesuai dengan strategi dan kinerja perusahaan
8. Struktur organisasi di berbagai industri