Building Effective Interpersonal Kompetensi merupakan perilaku jujur, positif, dan ekspresif yang disertai penghargaan terhadap pikiran, perasaan, dan keinginan dengan mempertimbangkan perasaan orang lain dalam berkomunikasi. Mengembangkan komunikasi asertif akan membantu meningkatkan keberhasilan interpersonal seseorang. Pelatihan ini dirancang untuk memberikan pemahaman tentang faktor-faktor yang berkontribusi terhadap komunikasi asertif dalam berbagai konteks dan situasi. Peserta didorong untuk melatih keterampilan yang sangat diperlukan dalam hubungan interpersonal yang dinamis, terutama di lingkungan tempat kerja.
1. Menunjukkan pemahaman tentang keterampilan interpersonal sebagai bagian dari proses komunikasi yang efektif
2. Mengidentifikasi pentingnya sikap, nilai dan persepsi dalam komunikasi interpersonal.
3. Mengidentifikasi efek perilaku pada komunikasi interpersonal.
4. Menunjukkan berbagai keterampilan komunikasi interpersonal yang efektif
5. Menggunakan keterampilan asertif.
6. Menggunakan keterampilan interpersonal di tempat kerja.
1. Memahami apa yang membuat orang bersikap asertif dan manfaatnya
2. Bagaimana menggunakan Assertive Communication
3. Teknik lebih lanjut untuk mengembangkan sikap asertif
4. Merespon terhadap gaya perilaku orang lain
5. Meningkatkan keberhasilan interpersonal melalui pemahaman hubungan interpersonal
6. Menetapkan komunikasi interpersonal yang positif di tempat kerja untuk membangun hubungan baik
7. DISC (personality style)
8. Case Study (studi kasus) + Examination Online
Officer, Supervisor, Manager