Knowledge Management dibutuhkan untuk mengalirkan pengetahuan tersebut sehingga menjadi milik organisasi. Fenomena ini lebih dikenal sebagai “walk-out pengetahuan” atau “brain drain”. Pada kasus ini, maka Knowledge Management dibutuhkan untuk menjaga pengetahuan yang menjadi asset bagi perusahaan (Knowledge Management is needed to retain and keep knowledge). Ketiga, Ketika organisasi stagnan, pasar dan kompetensi karyawan tidak bertumbuh sehingga perusahaan sulit sekali menghadapi persaingan, pada kasus ini Knowledge Management diperlukan untuk memperkaya pengetahuan organisasi.Knowledge Management is needed to enrich the organizations knowledge.
1. Mampu mengetahui prinsip dasar dan proses terkait pengelolaan pengetahuan di perusahaan
2. Mampu memahami kaitan antara kualitas pengetahuan dan pembelajaran dengan strategi dan kinerja perusahaan
3. Mampu mengaplikasikan pengelolaan pengetahuan dengan bimbingan
4. Mampu mengimplementasikan pengelolaan pengetahuan dan pembelajaran dalam lingkup kerjanya
5. Mampu menganalisis kebutuhan pengelolaan pengetahuan dan pembelajaran di lingkup kerjanya
6. Mampu memantau implementasi pengelolaan pengetahuan dan pembelajaran di lingkup kerjanya untuk mendukung pencapaian kinerja
7. Mampu mengevaluasi implementasi dan kualitas pengelolaan pengetahuan dan pembelajaran di perusahaan
8. Mampu merekomendasikan rencana tindak lanjut perbaikan sistem pengelolaan pengetahuan dan pembelajaran untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi perusahaan
1. Supervisor
2. Officer
1. Definisi dan tujuan knowledge management
2. Komponen learning organization
3. Kaitan knowledge management dengan learning organization
4. Metode, teknik, dan berbagai perangkat pendukung yang dapat digunakan dalam pengumpulan, pemilihan, penyimpanan, dan pengorganisasian knowledge management
5. Penggunaan perangkat lunak knowledge management yang umum digunakan perusahaan
6. Identifikasi kebutuhan data, informasi, dan teknologi yang dibutuhkan dalam menunjang koleksi pengetahuan perusahaan
7. Teknik pengujian validitas data dan pengontrolan dalam pengumpulan dan penyimpanan data sesuai kebutuhan perusahaan
8. Knowledge management model
9. Teknik formulasi data library yang memudahkan penyimpanan dan pemeliharaan knowledge management
10. Studi kasus untuk menganalisis kekurangan dan kelebihan sistem knowledge management
11. Studi kasus mengenai knowledge management sebagai strategi perusahaan dalam mengantisipasi berbagai kebutuhan terhadap perubahan tren bisnis