Jika bisnis Anda adalah tubuh Anda, maka rantai pasok adalah aliran darah. Manajemen rantai pasok adalah istilah umum yang mencakup memastikan bisnis Anda memiliki alat dan persediaan yang diperlukan untuk berfungsi, pelanggan Anda mendapatkan produk dan layanan yang mereka inginkan, dan infrastruktur Anda berjalan dengan lancar dan beroperasi. Pada abad ke-21, rantai pasok lebih dari sekadar truk, kereta api, dan pesawat yang mengambil tempat barang. Drone, otomatisasi gudang robot, dan kendaraan otonom semuanya memainkan peran besar dalam pelacakan aset, manajemen inventaris, dan segala sesuatu yang masuk ke dalam manajemen rantai pasok.
Supply Chain Management (SCM) atau yang sering di sebut dengan manajemen rantai pasok adalah proses untuk mengintegrasikan, mengkoordinasi dan mengontrol pergerakan bahan baku menjadi produk jadi dan mengirimkannya hingga bisa dikonsumsi oleh pelanggan. Proses inilah yang harus senantiasa di berikan terobosan-terobosan terbaru agar para pelaku usaha mampu dan bisa bersaing dalam persaingan bisnis global.
Sistem SCM wajib dan penting untuk di lakukan perusahaan agar dapat mengukur efisiensi setiap titik proses melalui metode pengukuran tertentu secara praktis, di mana akan membantu perusahaan agar mampu mengambil keputusan terbaik, cepat, dan tepat. Dengan hal tersebut diharapkan bisa memberikan hasil optimal pada produk dan jasa yang di distribusikan kepada pelanggan.
Semua tren baru ini mengubah cara bisnis beroperasi. Perusahaan mungkin ingin menerapkan semua ini sekaligus, tetapi itu terbukti sulit. Ada pertanyaan kapasitas untuk dijawab, armada pengiriman baru untuk dibuat, dan teknologi baru untuk ditaklukkan. Perubahan terbesar akan menjadi peningkatan luar biasa dalam kompetisi. Seiring pengiriman barang dan pelacakan aset menjadi lebih mudah dan lebih mudah, akan ada semakin banyak perusahaan yang bersaing untuk pasar yang cukup statis.
Perusahaan harus merancang pembeda lain untuk memisahkan diri. Mereka mungkin menemukan proses baru yang menghemat waktu selama kompetisi. Mereka mungkin melakukan segalanya dengan lebih cepat. Bagaimanapun, masa depan tampak menggairahkan dalam dunia manajemen rantai pasokan. Sumber daya manusia yang memiliki pengetahuan konsep dan dasar SCM akan memberikan daya saing sebuah organisasi, baik perusahaan yang melakukan proses produksi atau perusahaan yang menyediakan pelayanan logistik.
1. Memahami hakekat dan konsep-konsep dasar SCM
2. Memahami implementasi SCM
3. Mampu memahami manajemen alur material dan informasi
4. Mampu Meningkatkan efisiensi perusahaan melalui SCM
5. Memahami hubungan SCM dan strategi bisnis
6. Bisa mengaplikasikan prinsip-prinsip SCM
1. Dept Pengembangan Bisnis
2. Dept Logistik
3. Dept Operasi Dept Produksi
4. Dept HRD
5. Semua pihak yang terlibat langsung maupun tidak dalam proses manajemen rantai pasok dalam sebuah organisasi/perusahaan.
1. SCM – The Basics
2. Strategi Pergudangan untuk SCM yang efisien
3. Manajemen Persediaan
4. Aliansi Logistik strategis
5. Transportasi yang efektif & Customer Service Goals
6. Strategi & Pengembangan SCM
7. Manajemen Quality SCM
8. Perencanaan Logistik, Ukuran Kinerja & Pengendalian SCM
9. Teknologi Informasi SCM