Materi Pendidikan & Pelatihan yang berjudul “Strategic Port Pricing” bersumber dari publikasi UNCTAD (IPP 4) guna meningkatkan performansi pelabuhan khususnya perspektif finansial. IPP 4 ini menyajikan pengetahuan yang lengkap mengenai strategi memenangkan persaingan melalui penetapan tarif jasa-jasa kepelabuhanan yang senantiasa berada dalam lingkungan persaingan yang semakin tajam. Pelayanan jasa kepelabuhanan merupakan unsur pembeda antara pelabuhan yang diusahakan komersil (commercial port) dan pelabuhan yang diusahakan tidak komersil (non commercial port). Commercial port menyelenggarakan bisnis memupuk keuntungan (profit making) dan memberikan pelayanan publik (public service) dimana berhadapan dengan situasi persaingan terhadap pesaing-pesaing penyedia jasa kepelabuhanan lainnya.
Berbagai macam cara dilancarkan untuk memenangkan persaingan ketat tersebut; persaingan melalui harga jual jasa (tarif) merupakan alat bersaing yang efektif. Untuk itulah penyedia jasa memasang tarif yang ditentukan setelah melalui analisis yang disebut SWOT analysis, yakni 1). analisis kekuatan (S) dan kelemahan (W) di lingkungan internal, dan 2). analisis peluang (O) dan ancaman (T) dari lingkungan eksternal.
Bagaimana menentukan tarif yang benar-benar kompetitif, adalah tarif sesuai nilai-nilai yang besarannya mampu menutupi biaya-biaya investasi, operasional, dan jasa rupa-rupa, namun melalui proses kesepakatan seluruh jajaran manajemen. Sebab itu, penetapan tarif jasa kepelabuhanan perlu melalui proses analisis bermetode ilmiah (SWOT) dan kesepakatan policy, strategi, taktik, dan program-program marketing yang memang teruji kompetitif.
Pasca selesai mengikuti diklat dengan materi ajar “Strategic Port Pricing”, peserta didik diharapkan dapat mengetahui dan memahami strategi mentransformasikan kemampuan bersaing perusahaan penyedia jasa kepelabuhanan dengan berdasarkan hasil studi kekuatan dan kelemahan lingkungan internal, dan peluang serta ancaman lingkungan eksternal. Peserta didik yang berhasil menyelesaikan diklat materi ajar “Strategic Port Pricing” akan mampu berpikir strategis dan mengaplikasikan pengetahuan manajerial maupun teknis, serta mampu secara kolegial mengatasi permasalahan yang timbul di bidang tugas serta fungsinya masing-masing. Menjadi tenaga terampil, handal, bahkan profesional dalam pencapaian misi dan visi kepelabuhanan sebagai elemen / infrastruktur strategis dalam sistem transportasi & logistik nasional.
1. Staff Senior
2. Supervisor
1. Pendahuluan.
a. Hakekat (esensi) materi ajar “STRATEGIC PORT PRICING” yaitu memenangkan persaingan bisnis jasa kepelabuhanan melalui peninjauan struktur, metode, dan besaran tarif.
b. Tuntutan peningkatan kemampuan bersaing bahkan untuk menjadi market leader dan mengefisienkan biaya pemakaian alat/fasilitas jasa kepelabuhanan secara keseluruhan.
2. Materi Pembelajaran
a. Gambaran umum kegiatan kepelabuhanan
b. Latar belakang finansial dan ketentuan pentarifan
c. Teknik Analisis SWOT (termasuk Balance Scorecard)
d. Arah strategi pentarifan sesuai hasil SWOT/BSC analysis
e. Pengembalian dana investasi atas aset / fasilitas jasa
f. Ukuran-ukuran kinerja keuangan perusahaaan
g. Pendekatan dan Dasar-dasar pentarifan
h. Pentaripan dari berbagai jenis menurut hasil SWOT/BSC analysis
i. Pendekatan berbasis Kinerja (Performance), Nilai (Value) dan biaya (Cost)
j. Proses penyesuaian tarif yang diusulkan