Pelatihan ini menjelaskan persaingan pasar saat ini pada industri transportasi umum, khususnya di sektor pengiriman dan pelabuhan. Peserta pelatihan akan ditekankan perlunya pemasaran aktif di sektor pelabuhan melalui diskusi tentang konsep pemasaran modern dengan tujuan melakukan riset pemasran dan menerapkan temuan-temuan itu dalam kampanye pemasaran
1. Mendefinisikan pentingnya pemasaran dalam bisnis shipping dan pelabuhan pada akhir-akhir ini
2. Menjelaskan konsep, prinsip, dan teknik pemasaran modern
3. Menerapkan prinsip-prinsip dan teknik pemasaran pada bisnis shipping dan pelabuhan
1. Manager
2. Assistant Manager
3. Staff
1. Perubahan lingkungan internal dan eksternal dalam bisnis shipping dan pelabuhan
2. Persaingan dalam bisnis shipping dan pelabuhan
3. Konsep pemasaran modern
4. Sistem informasi pemasaran, riset pemasaran, dan tujuan pemasaran
5. Segmentasi pemasaran, peramalan pemasaran, dan jasa pemasaran
6. Strategi pemasaran dan hubungan pemasaran
7. Value chain dan analisis pemasaran lainnya
8. Organisasi pemasaran, alat promosi pemasaran, serta kontrol dan evaluasi pemasaran