Dalam organisasi perencanaan strategis terjadi baik di kantor pusat maupundi unit bisnis, jika organisasi tersebut kecil dan tidak mempunyai inti bisnismaka hanya melibatkan eksekutif senior dan staf perencanaan, jika organisasilebih kecil lagi maka hanya kepala eksekutif saja atau CEO. Manajer yang paling kompeten menghabiskan waktu yang cukup lama untuk memikirkan mengenai masa dapen. Hasil yang mungkin merupakan pemahaman informal mengenai arah masa depan yang akan diambil oleh entitas tersebut atau yang berupa pernyataan formal yang berisi rencana sfesifik mengenai bagaimana untuk sampai pada suatu arah.
Karakteristik dari perencanaan strategis adalah proses memutuskan program-program yang akan dilaksanakan oleh organisasi dan perkiraan jumlah sumber daya yang akan dialokasikan ke setiap program selama beberapa tahun kedepan.
1. Agar mampu mengidentifikasi nilai yang dapat mendukung perusahaan
2. Mampu mengaplikasikan teknik dan alat dalam membuat rencana strategis
3. Mampu mengimplementasi, mengevaluasi dan mereview rencana strategis
1. Director
2. Executive Vice President
3. Senior Vice President
4. Vice President
1. Introduction to Strategic Planning
2. Strategic Planning Life Cycle
3. Strategic Plan Foundation
4. Activity : Develop mission & vision statement
5. Historical Trend Analysis
6. Environmental Scanning and Analysis
7. Gap Analysis & SWOT
8. Develop Strategic Plan (Primary objectives, SMART Goals and Action Plan)
9. Introduction to Strategic Budgeting
10. Execution and Evaluation
11. Execution Guidelines and Evaluation Guidelines